Tujuan: | anak dapat mengetahui berbagai sifat benda penghantar panas. |
Petunjuk: | Jawablah pertanyaan dengan memilih salah satu jawaban yang paling benar ! |
Benar |
1. | Benda yang dapat menghantar panas dengan baik disebut . . . |
c. konduktor |
Benar |
2. | Benda yang tidak menghantar panas dengan baik disebut . . . |
a. isolator |
Benar |
3. | Yang termasuk benda konduktor antara lain . . . |
b. logam |
Benar |
4. | Yang termasuk benda isolator adalah . . . |
d. plastik |
Benar |
5. | Bahan yang bersifat konduktor biasa digunakan sebagai . . . |
a. setrika |
Benar |
6. | Bahan yang bersifat isolator biasa digunakan sebagai . . . |
c. tatakan gelas |
Benar |
7. | Besi merupakan bahan yang bersifat . . . |
a. konduktor |
Benar |
8. | Kayu merupakan bahan yang bersifat . . . |
b. isolator |
Benar |
9. | Benda yang paling baik menghantarkan panas adalah . . . |
d. logam |
Benar |
10. | Benda yang tidak baik untuk menghantarkan panas adalah . . . |
b. kain |
Tujuan: | anak dapat mengetahui hubungan dengan ciri-ciri khusus makhluk hidup. |
Petunjuk: | Jawablah pertanyaan dengan memilih salah satu jawaban yang paling benar ! |
Benar |
1. | Kemampuan ekolokasi adalah . . . |
b. kemampuan memperkirakan jarak suatu benda |
Benar |
2. | Kemampuan ekolokasi untuk mencari makanan terdapat pada hewan . . . |
d. kelelawar |
Benar |
3. | Pada tumbuhan kaktus, di manakah air disimpan ? |
c. batang |
Benar |
4. | Apakah kemampuan yang dimiliki ikan pemanah dalam menangkap mangsanya ? |
a. menyemburkan air |
Benar |
5. | Dimanakah bunga karang hidup ? |
c. di dasar laut |
Benar |
6. | Cecak memiliki lapisan perekat pada telapak kakinya untuk . . . |
b. merayap di dinding |
Benar |
7. | Apakah salah satu ciri yang dimiliki burung hantu ? |
d. mata dan pendengaran yang tajam |
Benar |
8. | Apakah ciri khusus yang dimiliki bunglon ? |
a. lidahnya panjang dan lengket |
Benar |
9. | Dengan apakah bunga rafflesia menarik lalat untuk membantu penyerbukannya ? |
b. mengeluarkan bau busuk |
Benar |
10. | Punuk pada punggung unta berguna untuk . . . |
d. penyimpanan makanan |
Tujuan: | anak dapat mengetahui pengaruh dari hubungan antara matahari, bumi dan bulan. |
Petunjuk: | Jawablah pertanyaan dengan memilih jawaban yang benar ! |
Benar |
1. | Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya . . . |
d. benar semua |
Benar |
2. | Apakah akibat dari revolusi bumi ? |
b. perubahan musim di bumi |
Benar |
3. | Revolusi bumi mengakibatkan terjadinya perubahan musim di belahan bumi . . . |
c. utara dan selatan |
Benar |
4. | Perhitungan tahun hijriah (komariyah) didasarkan pada kala . . . |
a. revolusi bulan |
Benar |
5. | Tahun masehi dihitung berdasarkan . . . |
b. revolusi bumi |
Benar |
6. | satu tahun komariyah sama dengan . . . . hari |
a. 354 |
Benar |
7. | Jika pada tanggal 21 Desember – 21 Maret di belahan utara terjadi musim dingin, maka di belahan selatan musim . . . |
b. panas |
Salah |
8. | Pada waktu kapankah belahan bumi utara terjadi musim semi ? |
a. 23 september – 21 desember |
Benar |
9. | Penetapan tahun Masehi mula-mula dilakukan oleh . . . |
c. Julius Cesar |
Benar |
10. | Satua tahun kabisat, mempunyai . . . hari | |||||||||||
c. 366 |